JAKARTA, KOMPAS.com - Operator layanan kereta Bandara Soekarno Hatta, PT Railink, menargetkan kereta Bandara Soekarno Hatta beroperasi pada bulan November 2017.

Meski demikian, sejumlah stasiun yang akan dilewati oleh kereta Bandara Soekarno Hatta masih belum selesai dibangun.

Adapun, rute yang akan dilalui oleh kereta Bandara Soekarno Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno-Hatta.

"November (pembangunan stasiun) harus selesai. (Pengerjaan) paling berat di Stasiun Sudirman Baru," kata Direktur Logistik dan Pengembangan KAI Budi Noviantoro, saat uji coba kereta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dia mengatakan, kendala yang ditemui untuk pembangunan Stasiun Sudirman Baru karena wilayahnya sangat besar. Dia menargetkan pembangunan Stasiun Sudirman Baru rampung Oktober.

Saat ini, perkembangan pembangunan Stasiun Sudirman Baru sudah mencapai 87 persen. Stasiun Sudirman Baru memiliki panjang 520 meter dengan lebar 32 meter, termasuk lahan parkir dan bank induk.

Di lantai 2 stasiun Sudirman Baru akan digunakan untuk operasional kereta Bandara Soekarno Hatta panjangnya 240 meter dan lebar 32 meter.

"Kapasitas penumpang (kereta Bandara Soekarno Hatta) 272 orang dikali 6 kereta (gerbong), kapasitas bangunan berarti harus bisa menampung," kata Noviantoro.

Untuk tahap awal, kereta Bandara Soekarno akan mulai diberangkatkan dari Stasiun Sudirman Baru. Sebab, Stasiun Manggarai juga masih dalam tahap pembangunan.

Apabila pembangunan di Stasiun Manggarai sudah selesai, operasional kereta bandara dimulai dari stasiun tersebut.

Sementara itu, penataan struktur rel di Stasiun Duri sudah selesai. Hanya saja, KAI tinggal memyempurnakan dengan pembangunan atap.

Pembangunan di Stasiun Duri dan Batu Ceper juga harus menyesuaikan dengan operasional commuter line yang melintasi dua stasiun tersebut agar tidak mengganggu operasional commuter line.Sehingga, pekerja mulai bekerja membangun stasiun tiap dini hari.

"Sekarang progres (pembangunannya) 70 persenan lah. (pembangunan) yang (Stasiun) Batu Ceper itu kan baru kami kerjakan akhir bulan Januari," kata Noviantoro.