Jakarta (03/09) Indonesia baru saja selesai menyelenggarakan perhelatan besar Asian Games 2018 yang bertempat di Jakarta dan Palembang. Kita semua patut bersyukur dan berbangga, karena penyelenggaraan kegiatan multievent ini dapat berjalan dengan baik dan sukses mendapat apresiasi baik dari kalangan masyarakat Indonesia maupun tamu-tamu undangan dari berbagai negara yang ikut dalam perhelatan tersebut.

LRT Sumatera Selatan sebagai moda transportasi massal, yang salah tujuan pembangunannya untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 juga sukses dioperasikan selama perhelatan kegiatan tersebut. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, tercatat ± 2.326 orang peserta Asian Games 2018 yang menggunakan LRT Sumsel selama Perhelatan Asian Games 2018 ini. Adapun peserta Asian Games 2018 ini terdiri dari para atlet dan official dari Indonesia dan berbagai negara-negara Asia lainnya, panitia, serta media baik itu media Nasional maupun media Internasional. Sebagai informasi, Pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada tanggal 16 Agustus hingga 2 September 2018 mengeluarkan kebijakan memprioritaskan operasional LRT Sumsel ini untuk mengangkut peserta Asian Games 2018. Selama berlakunya kebijakan tersebut, para penumpang LRT Sumsel tidak dipungut biaya alias gratis.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah bersyukur bahwa kebijakan ini dapat berjalan dengan baik serta turut mendukung kelancaran mobilitas para peserta Asian Games 2018 ini. Terlepas dari adanya kendala yang terjadi pada LRT Sumsel di awal berlakunya kebijakan ini, tetapi secara keseluruhan, kebijakan operasional LRT Sumsel guna mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang berjalan dengan baik dan lancar. Berbagai apresiasi diucapkan oleh para peserta Asian Games ketika menaiki LRT Sumsel ini. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan serta para stakeholder yang juga turut berpartisipasi.

Usai penyelenggaraan Asian Games 2018 ini, Pemerintah memastikan bahwa operasional LRT Sumsel ini kembali berjalan seperti biasanya untuk melayani masyarakat di Wilayah Sumatera Selatan. Terdapat 4 trainset LRT Sumsel yang siap melayani kebutuhan mobilitas masyarakat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Stasiun DJKA, melewati kawasan Jakabaring Sportcity begitupun sebaliknya. Dan masyarakat kembali akan dikenakan tarif Rp 5.000,00 untuk antar Stasiun serta tarif Rp 10.000,00 menuju Stasiun Bandara. Pemerintah berharap dengan kesuksesan penyelenggaran LRT Sumsel mendukung perhelatan Asian Games 2018 ini, akan semakin menumbuhkan minat masyarakat di wilayah Sumatera Selatan untuk mau berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi naik LRT Sumsel menuju ke tempat tujuan.(rei/ebn)