Telah dilaksanakan Kegiatan Switch Over Jatinegara - Cipinang - Cakung dalam rangka uji coba Double Double Track (DDT) baru antara Jatinegara sampai dengan Cakung pada Kamis - Jumat tanggal 11 - 12 April 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Direktur Keselamatan Perkeretaapian, Balai Pengujian Perkeretaapian.

Dengan diadakannya pengoperasian jalur kereta api DDT di ruas Jatinegara - Cakung diprediksi akan memberi pengaruh positif bagi perjalanan KRL Bekasi - Jakarta Kota. 

Dalam kesempatan tersebut Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten menjelaskan bahwa "untuk alasan keselamatan dan keperluan teknis pekerjaan Switch Over tersebut, maka akan ada penyesuaian jadwal KRL lintas Jakarta Kota - Bekasi pada Kamis malam (11/4) hingga Jumat dini hari (12/4). Dihimbau agar para pengguna KRL dapat menyesuaikan rencana perjalanannya".

Ketika DDT beroperasi di hari Jumat dini hari maka tidak ada lagi kereta yang tertahan di Stasiun Cipinang yang dikarenakan harus bergantian jalur antara Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan KRL. Jalur DDT baru ini akan membuat operasional Kereta Api terpisah, yaitu antara KRL dengan Kereta-Kereta jenis lainnya. Hal ini diharapkan lintas Jatinegara - Cakung akan berjalan lebih lancar. (ditpras)