Test Commissioning (Tes Fungsi) merupakan tahapan dimana calon operator menguji keseluruhan sistem dari armada dan kelaikan jalur yang akan dilintasi kelak. Test Commissioning adalah salah satu bagian terpenting, karena pada prosedur inilah yang terjadi pengujian dan pengukuran kinerja peralatan dan sistem kereta api secara nyata.

Test Commissioning di Stasiun Solo Jebres, Jawa Tengah dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, tanggal 27 dan 28 Juni 2019. Kegiatan ini bertujuan memeriksa fungsi peralatan yang sudah dipasang untuk mendapatkan kepastian hasil suatu pekerjaan yaitu pekerjaan pembangunan fasilitas operasi jalur ganda kereta api lintas Solo - Kedungbanteng. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengetesan fungsi peralatan fasilitas operasi berupa persinyalan dan telekomunikasi yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum dilakukan pengoperasian. Pekerjaan persinyalan dan telekomunikasi Stasiun Solo Jobres lintas Solo – Kedungbanteng  ditargetkan akan dioperasikan pada akhir bulan Juli 2019.

Adapun Test Commissioning yang dilakukan, diantaranya:

  1. Tes korespondensi sinyal yang bertujuan untuk memeriksa koneksi persinyalan kereta api;
  2. Tes korespondensi point machine yang bertujuan untuk memeriksa koneksi mesin point yang mengoperasikan turnots kereta api terutama pada jarak jauh;
  3. Tes korespondensi interlocking table yang bertujuan untuk memerikasa koneksi sistem yang menerima perintah dari operator dan menyediakan indikasi status perangkat yang terpasang di lintas kepada operator. Sistem ini akan memberi aba-aba kepada masinis untuk menjalankan kereta api dengan kecepatan penuh, kecepatan terbatas atau berhenti.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian sesuai tugas dan fungsinya berkewajiban melakukan pengujian dan sertifikasi kelaikan termasuk prasarana perkeretaapian yang akan dioperasikan dalam rangka memenuhi aspek keselamatan perjalanan kereta api. (ditpras)

Ikuti terus website djka.dephub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami. Instagram : ditjenperkeretaapian Twitter : @perkeretaapian Youtube : Ditjen Perkeretaapian.