Terowongan Ijo merupakan terowongan baru yang dibangun oleh anak bangsa di bawah naungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan menggantikan terowongan lama yg masih berjalur tunggal (single track). Akan tetapi terowongan lama tetap dipertahankan keberadaannya dan dijadikan cagar budaya.
Terowongan Ijo baru merupakan salah satu dari Pembangunan Jalur Ganda KA Lintas Selatan Jawa II yang memiliki panjang sepanjang 581 Meter dengan diameter 9 Meter dan perlu diketahui terowongan ijo ini merupakan salah satu terowongan terpanjang di Indonesia.
Dengan beroperasinya jalur ganda KA lintas selatan jawa segmen Gombong - Kroya dan terowongan ijo yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019, diharapkan akan meningkatkan frekuensi perjalanan KA dan meningkatkan keselamatan perjalanan kereta dengan pengurangan persilangan KA. (btpjateng)