Berita Sebelumnya

CEGAH CORONA, GIAT BAKTI SOSIAL POLDA SUMSEL DI STASIUN LRT

Berita Selanjutnya

KEMENTERIAN PERHUBUNGAN AKTIFKAN KEMBALI STASIUN PULAU AIR PADANG SETELAH 43 TAHUN TIDAK BEROPERASI


GENCAR ANTISIPASI CORONA, OPERASIONAL LRT SUMSEL TETAP NORMAL

PALEMBANG - Langkah antisipasi penyebaran virus corona terus digencarkan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan dan PT KAI (Persero). Bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang, dalam hal ini, Dinas Perhubungan Kota Palembang, Rabu (18/3), dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di Stasiun Bandara.

Dalam kesempatan ini, Rosita, kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan, yang ditemui di sela kegiatan, mengungkapkan, penyemprotan disinfektan kali ini akan dilakukan di 12 stasiun LRT secara bertahap. "Kami dari Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Dinas Perhubungan Kota Palembang secara bertahap akan melakukan penyemprotan disinfektan ini sampai Jumat (20/3). Untuk hari ini, akan dilakukan penyemprotan di lima stasiun. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan Balai Pengelola LRT Sumsel, PT KAI (Persero), dan Pemerintah Kota maupun Provinsi," kata Rosita, kemarin (18/3).

Rosita menambahkan, Stasiun Bandara sangat berpotensi terhadap penyebaran virus corona karena merupakan arus masuk awal virus tersebut. "Karena itu, kita mulai dari Stasiun Bandara karena Stasiun Bandara sangat berpotensial. Jadi, kita mulai dari Stasiun Bandara. Selanjutnya, akan diikuti stasiun lainnya. Juga untuk kereta sudah dilakukan penyemprotan seluruhnya, yakni 8 trainset, dimulai 10 Maret lalu," kata Rosita.

Ia mengatakan, merebaknya virus corona saat ini tidak mengganggu atau memengaruhi operasional perjalanan LRT. "Tetap berjalan normal yaitu 74 perjalanan per hari," tutupnya.

Manager Operasi dan Komersial LRT Sumsel Sri Miyanto mengungkapkan, penyemprotan dilakukan di titik - titik yang rentan menyebabkan penularan virus di antaranya kursi, tempat pegangan, toilet, lift, loket, eskalator, dan gate. Selain itu, pihaknya memberlakukan SOP khusus bagi penumpang yang akan masuk ke stasiun LRT. Ia juga mengatakan, penyemprotan ini tidak hanya kali ini dilakukan, tetapi akan rutin terus dilakukan, selain memang ada pembersihan tiap harinya.

Di kesempatan sama, Agus Rizal, kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, juga menuturkan, langkah antisipasi penyebaran virus corona dengan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sejalan dengan program Pemerintah Kota Palembang dalam mencegah penyebaran virus corona. (bpkarss)

Komentar

Kirim Komentar