Berita Sebelumnya

RANGKAIAN KEGIATAN DALAM MEMPERINGATI HARI PERHUBUNGAN NASIONAL TAHUN 2020

Berita Selanjutnya

RAMAH ANAK, BALAI PENGELOLA LRT SUMSEL GELAR SOSIALISASI KE SEKOLAH


LIBATKAN 150 PEKERJA, SHIFTING TRACK JALUR HILIR ELEVATED BEKASI LINE LINTAS JATINEGARA-MANGGARAI BERJALAN LANCAR

LIBATKAN 150 PEKERJA, SHIFTING TRACK JALUR HILIR ELEVATED BEKASI LINE LINTAS JATINEGARA-MANGGARAI BERJALAN LANCAR

Jakarta (26/9) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta dan Banten, pada Jumat (25/9) berhasil melaksanakan shifting track Jalur Hilir Elevated Bekasi Line lintas Jatinegara-Manggarai. Switch Over jalur KA tersebut merupakan bagian dari kegiatan pembangunan jalur KA Dwi Ganda (DDT). Shifting track dimulai sejak Jumat, 25 September pukul 22.00 WIB s.d. Sabtu, 26 September pukul 01.30 WIB. Proses ini dilaksanakan pada saat window time atau pada saat tidak ada kereta yang melintas. Pelaksanaan SO saat window time dimaksudkan untuk mengurangi dampak terhadap operasional kereta api.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan pekerjaan antara lain pemadaman tegangan 1500 VDC gardu traksi, emplasemen Manggarai dan emplasemen Jatinegara. Kemudian dilakukan pengetesan tegangan di lintas dengan voltage detector serta pemasangan grounding device JLAA dengan rel untuk pengaman tegangan, pekerjaan shifting track (pengalihan Jalur) dari Jalur Hilir Jatinegara-Manggarai eksisting ke Jalur Hilir Jatinegara-Manggarai Elevated sepanjang 49 meter dan 45 meter dan terkahir pekerjaan finishing (pemadatan ballast di area shifting Jalur Hilir Jatinegara-Manggarai Elevated).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa berkat kegigihan, kerja cepat dan kerja sama tim yang baik pelaksanaan Switch Over rampung pada Sabtu dini hari. Pelaksanaan uji coba rangkaian KRL tanpa penumpang rute KA Manggarai-Jatinegara di jalur hilir elevated Bekasi Line dimulai pada pukul 02.00 WIB s.d. 03.00 WIB dengan kecepatan lintas 40 km/jam.

Selain itu dikatakan bawah dalam kegiatan Switch Over ini personil yang dilibatkan sebanyak 150 orang, terdiri dari tim Sinyal, LAA, Operasi dan Track.”Kegiatan Track Shifting tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Para pekerja diukur suhu tubuhnya, dan memakai APD kerja lengkap” tegasnya.

Rode juga mengatakan bahwa pelaksanaan track shifting ini tidak berdampak pada perubahan sistem persinyalan interlocking eksisting dan pola operasi di Stasiun Manggarai. Setelah Pelaksanaan Shifting Track dilaksanakan, maka Jalur Hilir Jatinegara-Manggarai eksisting dialihkan ke Jalur Hilir Jatinegara-Manggarai Elevated dan siap untuk dioperasikan.”Secara umum SO malam ini berjalan dengan lancar, dan mohon doa dan bantuan semua pihak agar setelah tidak ada temuan mayor, sehingga elevated Bekasi Line ini dapat segera dioperasikan, nantinya jalur KRL Bekasi Line akan terpisah dengan jalur KA Antar Kota”. pungkasnya.(spn/wda)

Kepala Bagian Hukum Ditjen Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
YENNESI ROSITA
Facebook: ditjenperkeretaapian
Twitter: @perkeretaapian
Instagram: ditjenperkeretaapian
Youtube: ditjenperkeretaapian
Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta 10110

Komentar

Kirim Komentar