Berita Sebelumnya

TRACK LAYING

Berita Selanjutnya

74 Peserta Pengujian Kompetensi SDM Perkeretaapian Tenaga Perawatan dan Tenaga Pemeriksa Sarana Prasarana Perkeretaapian


PENINGKATAN JALAN KA ANTARA ARASKABU-TEBING TINGGI-SIANTAR UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DANAU TOBA

Medan (5/3) - Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara saat ini sedang dalam tahap Pekerjaan Kegiatan peningkatan jalan KA antara Araskabu - Tebing Tinggi – Siantar. Hal ini dilakukan agar kecepatan KA yang tadinya selama 45 – 60 km perjam mencapai hingga 80 - 100 km per jam yang awalnya  waktu tempuh Araskabu - Siantar yang saat ini sekitar 4 jam menjadi 2,5 jam dimana di Daerah Siantar berdekatan dengan  Kawasan Wisata yang sangat terkenal yaitu Kawasan Wisata Danau Toba (Parapat). Nantinya akan dibangun jalur Kereta Api baru dari Siantar ke Kawasan Pariwisata Danau Toba. Pekerjaan Kegiatan Peningkatan Jalan KA ini meliputi beberapa bagian yaitu Pekerjaan Pengadaan Bantalan Beton, Pekerjaan Pengadaan Wesel, Pekerjaan Track Termasuk Supervisi dan Pekerjaan Jembatan Termasuk Supervisi. Panjang lintas antara Araskabu – Tebing Tinggi – Siantar yaitu 106 Km Spur dengan durasi pelaksanaan konstruksi sekitar ± 3 Tahun.

Kegiatan pengadaan bantalan beton untuk saat ini sudah masuk ke tahap pengiriman ke lokasi penumpukan lokasi pekerjaan dengan pengiriman bantalan sebanyak 1440 buah/hari. Sedangkan untuk wesel pengirimannya akan dilakukan pada minggu terakhir Februari sampai minggu kedua Maret dari Pabrik ke Pelabuhan Belawan. Pengiriman wesel ke lokasi pekerjaan pada minggu ke 3 Bulan Maret.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara berupaya mempercepat penyelesaian pekerjaan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Diharapkan dengan selesainya Peningkatan Jalur KA Araskabu - Tebing Tinggi – Siantar maka dapat menarik minat masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transportasi Kereta Api dalam kunjungannya ke wisata Danau Toba serta untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan perjalanan Kereta Api dari Araskabu – Siantar.

BTP- SUMBAGUT

Komentar

Kirim Komentar