Berita Sebelumnya

DITJEN PERKERETAAPIAN TAWARKAN PROYEK KPBU DALAM KEGIATAN WORKSHOP “URBAN TRANSPORT DEVELOPMENT IN INDONESIA, URBAN RAIL PROJECTS TO SUPPORT THE MOBILITY OF CITIES”

Berita Selanjutnya

KERETA API PERINTIS CUT MEUTIA


PERSIAPAN PENGOPERASIAN JALUR KERETA API SEI MANGKEI – PELABUHAN KUALA TANJUNG

PERSIAPAN PENGOPERASIAN JALUR KERETA API SEI MANGKEI – PELABUHAN KUALA TANJUNG

Medan (24/2)-Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara  membanguan Jalur kereta api Sei Mangkei – Pelabuhan Kuala Tanjung yang rencananya akan dioperasikan pada tahun 2020. Jalur kereta api antara Sei Mangkei – Pelabuhan Kuala Tanjung ini dibangun sepanjang 39.5 kilometer melewati 7 Stasiun yaitu Stasiun Sei Mangkei – Stasiun Perlanaan – Stasiun Bahlias – Stasiun Bandar Tinggi – Stasiun Tanjung Gading – Stasiun Kuala Tanjung dan Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di bentuk berdasarkan prinsip penggunaan produk inti regional (yaitu kelapa sawit, karet, kayu). Pembangunan industri hijau dan pengembangan cluster kelapa sawit dengan bisnis hilir berupa pengolahan. Untuk saat ini transportasi yang dipakai untuk mengangkut hasil produk industri di Sei Mangkei harus melewati Pelabuhan Belawan sejauh 140 km dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Dengan tersambungnya jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, angkutan barang tidak akan melewati Pelabuhan Belawan tetapi melewati Pelabuhan Kuala Tanjung dengan jarak tempuh menjadi 40 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Selain mempersingkat waktu, adanya jalur kereta api Sei Mangkei – Pelabuhan Kuala Tanjung dapat mempermudah perjalanan logistik dan orang serta mengurangi beban jalan. Dengan panjang lintasan 21,5 km, proyek ini akan mendukung konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei menuju Pelabuhan Kuala Tanjung dan sebaliknya. Hal itu sesuai dengan program pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya kawasan terpadu industri, pelabuhan, dan kereta api.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara telah melakukan sosialisasi ke pihak terkait guna mempercepat pengoperasian jalur kereta api Sei Mangkei – Pelabuhan Kuala Tanjung. Dan kepada masyarakat dimohon dukungan dan doa nya agar pengoperasian jalur ini cepat terlaksana.

BTP- SUMBAGUT

Komentar

Kirim Komentar