Berita Sebelumnya

REVISI PERJANJIAN KINERJA DIREKTORAT JENDERAL PERKERETAAPIAN TAHUN 2020

Berita Selanjutnya

JALUR GANDA KA CIREBON – JOMBANG SEPANJANG 550 KM TELAH TERSAMBUNG


SWITCH OVER JALUR KA LINTAS SOLO BALAPAN-SOLO JEBRES DUKUNG PENGOPERASIAN JALUR GANDA LINTAS SELATAN JAWA

SWITCH OVER JALUR KA LINTAS SOLO BALAPAN-SOLO JEBRES DUKUNG PENGOPERASIAN JALUR GANDA LINTAS SELATAN JAWA

Surakarta, 7 Oktober 2020 - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, pada Rabu pagi (7/10) berhasil melaksanakan switch over (SO) jalur KA lintas Solo Balapan-Solo Jebres sepanjang 2,1 km. Switch over jalur KA tersebut merupakan bagian dari program pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa. Proses SO dimulai pada Rabu pagi pukul 07.35 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya SO pagi tadi maka jalur ganda KA lintas selatan Jawa sudah dapat beroperasi penuh dari Cirebon-Purwokerto-Kroya-Yogya-Solo-Madiun hingga Jombang.


Sebelum pelaksanaan SO ini, pada Senin kemarin telah dilakukan Joint Inspection pada pekerjaan track, pekerjaan persinyalan oleh pihak terkait guna kelancaran SO. "Senin kemarin telah dilakukan Joint Inspection oleh tim dari Balai Teknik, kontraktor, Daop dan unsur lain terkait untuk memastikan kesiapan dan persiapan SO pada hari ini” imbuhnya. Berkat kegigihan, kerja cepat dan kerja sama tim yang baik pelaksanaan SO ini bisa rampung dalam waktu yang terbatas. Tim yang terlibat dalam kegiatan antara lain tim Sinyal, Operasi dan Track.


Nur juga mengatakan bahwa karena ini masa pandemi maka proses kegiatan tetap sebisa mungkin menerapkan aturan protokol kesehatan. ”Kegiatan Track Shifting dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Para pekerja diukur suhu tubuhnya, diupayakan menjada jarak dan memakai APD kerja lengkap” tegasnya.


Secara umum SO pagi tadi berjalan baik dan lancar, tanpa ada kejadian atau kendala yang berarti. SO ini merupakan proses penting dalam rangka mendukung pengoperasian jalur ganda KA lintas selatan Jawa. "Dengan SO ini maka pengoperasian Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa lebih optimal, dapat menambah kapasitas lintas, meningkatkan keselamatan dan pelayanan jasa kereta api sekaligus mendukung konektivitas antar wilayah serta mengurangi beban jalan raya di lintas jalan sepanjang jalur selatan Pulau Jawa”, pungkasnya. (spn/wid).


Kepala Bagian Hukum Ditjen Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
YENNESI ROSITA
Facebook: ditjenperkeretaapian
Twitter: @perkeretaapian
Instagram: ditjenperkeretaapian
Youtube: ditjenperkeretaapian
Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta 10110

Komentar

Kirim Komentar