Berita Sebelumnya

TINGKATKAN PENGETAHUAN, DIREKTORAT PRASARANA GELAR BIMBINGAN TEKNIS BIDANG KELAIKAN JALUR DAN BANGUNAN KERETA API

Berita Selanjutnya

MENPORA : LRT SOLUSI PALING BAGUS DALAM BERTRANSPORTASI


TINGKATKAN PENGETAHUAN, DIREKTORAT PRASARANA GELAR BIMBINGAN TEKNIS BIDANG KELAIKAN JALUR DAN BANGUNAN KERETA API

Solo, 31 Juli - 2 Agustus 2019 Direktorat Prasarana Perkeretaapian menyelengarakan kegiatan Bimbingan Teknis Bidang Kelaikan Jalur dan Bangunan Kereta Api dengan mengundang unit kerja-unit kerja terkait yang dihadiri oleh ± 96 peserta perwakilan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Direktorat-Direktorat Teknis terkait, Balai-Balai Perkeretaapian dan para PPK dilingkungan DJKA.

Pada hari ke-1 kegiatan diisi dengan materi-materi dari beberapa narasumber. Pada sesi pertama narasumber yang menyampaikan paparanya adalah Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsyam, MSE (Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung) dengan judul materi Perencanaan Struktur Jalan Rel dan Jembatan Kereta Api, Geologi Teknik dan Penyelidikan Tanah. Narasumber yang kedua yakni Ir. Bambang Herwanto, Konsultan Perencana, dengan  judul materi Peningkatan Pengawasan Pekerjaan Pembangunan Jalan Rel untuk Memenuhi Kelaikan  Teknis, dan narasumber yang ketiga adalah Ir. Moh. Fatawi (Kasubdit Kelaikan Jalur dan Bangunan KA Direktorat Prasarana Perkeretaapian) dengan judul materi Peningkatan Pengawasan Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Terowongan KA untuk Memenuhi Kelaikan Teknis.

Tidak hanya dibekali dengan teori, pada hari kedua acara bimtek diisi dengan melakukan site visit (kunjungan lapangan) di lokasi pembangunan jembatan kereta api No. BH 308 antara Stasiun Solo Jebres - Stasiun Solo Balapan dan lokasi pekerjaan pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo – Solo. Dalam site visit tersebut para peserta diberikan arahan terkait pemeriksaan teknis jalur dan bangunan kereta api agar dapat diterapkan dengan baik oleh peserta dalam melakukan pemeriksaan jalur dan bangunan di unit kerja masing-masing.

Kegiatan Bimtek ditutup dengan memberikan review yang dipaparkan oleh Ir. Moh. Fatawi dan penyerahan sertifikat penghargaan sebagai peserta.

Dengan adanya kegiatan bimtek tersebut diharapkan dapat menghasilkan perencanaan bidang jalur dan bangunan kereta api sekaligus pelaksanaan penyelenggaraan sertifikasi kelaikan prasarana perkeretaapian yang efektif, efisien, dan tepat sasaran sesuai dengan target yang ditetapkan.(ditpras)

Ikuti terus website djka.dephub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami. Instagram : ditjenperkeretaapian Twitter : @perkeretaapian Youtube : Ditjen Perkeretaapian.

Komentar

Kirim Komentar