KETUA DPR RI DAN MENTERI PERHUBUNGAN TINJAU LAYANAN GENOSE DI STASIUN CIREBON

Cirebon (5/5) - Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta rombongan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Istiono, Dirlantas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Danto Restyawan serta sejumlah jajaran dari Kemenhub, Dishub, dan instansi terkait meninjau pelaksanaan Tes Genose di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Rabu (5/5/2021).

Layanan Genose sudah tersedia di tujuh stasiun yang terdapat di wilayah Jawa Barat , yakni di Stasiun Bandung,  Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon,  Cirebon Prujakan dan Jati Barang.  Tes Genose merupakan alternative persyaratan perjalanan keretaapi jarak jauh selain Tes Rapid dan Tes PCR dengan masa berlaku 1x24 jam sejak pelaksaan tes. Ketentuan masa berlaku Rapid Antigen tertulis pada Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama Ramadhan.

Dalam tinjauannya  Puan Maharani,  berbincang dengan tenaga kesehatan yang melakukan tes Genose di Stasiun Cirebon, ada dua orang positif Covid-19 dari 200 calon penumpang yang diperiksa. Puan juga turut membantu menyerahkan hasil tes Genose kepada salah satu penumpang yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta.

Puan beserta rombongan berkeliling di Stasiun Cirebon sambil mengingatkan calon penumpang untuk terus disiplin dan menjaga protokol kesehatan. “Ibu mau kemana? Ini sama balita. Kalau bisa jangan bepergian jauh ya Bu. Tetap jaga protokol kesehatan.” Ujar Puan kepada calon penumpang yang membawa anak kecil.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pemantauan persiapan pelarangan Mudik Lebaran 2021 yang dimulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Kami harap untuk bisa menahan keinginannya untuk bepergian keluar rumah berkumpul, berkerumun dan tentu saja untuk keluar kota karena kita harus bisa menjaga keselamatan diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita,” harap Puan.

Puan juga menghimbau agar untuk selalu menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, tidak berkerumun, membatasi bepergian dan jangan juga kita tidak menjaga lingkungan yang ada di sekitar. Setelah melaksanakan peninjauan di Stasiun Cirebon rombongan melanjutkan peninjauan ke Terminal Harjamukti.

 

Komentar

Kirim Komentar