Uji Berkala Fasilitas Operasi Perkeretaapian di DAOP 4 Semarang dan DAOP 6 Yogyakarta

BEKASI (12/4)Tim Penguji Fasilitas Operasi Perkeretaapian telah turun ke lapangan untuk melakukan uji berkala pada Daerah Operasi 4 Semarang dan Daerah Operasi 6 Yogyakarta.

Pengujian ini dilakukan dalam rangka pembaharuan sertifikasi uji berkala yang masa berlakunya 4 (empat) tahun sejak sertifikasi uji pertama dikeluarkan. Uji berkala yang telah tercantum pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 30 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengujian dan Pemberian Sertifikasi Prasarana Perkeretaapian wajib dilakukan terhadap setiap prasarana yang telah dioperasikan dengan melakukan uji fungsi prasarana perkeretaapian.

Dalam pelaksanaannya, ada sebanyak 20 stasiun yang dilakukan uji fungsi yaitu Stasiun Jenar – Stasiun Wojo – Stasiun Wates – Stasiun Sentolo – Stasiun Rewulu – Stasiun Patukan yang berada di lintas Jenar – Patukan. Selanjutnya, Stasiun Wonogiri  - Stasiun Sokoh – Stasiun Sukoharjo – Stasiun Pasar Nguter – Stasiun Wonogiri di lintas Solo Kota – Wonogiri. Dan yang berada di lintas Solo – Semarang terdapat Stasiun Kaioso – Stasiun Salem – Stasiun Samber – Stasiun Lawang – Stasiun Goprak.

Untuk Stasiun yang berada di Daerah Operasi 4 adalah Stasiun Gundih – Stasiun Karangsono – Stasiun Telawak – Stasiun Padas – Stasiun Kedungjati – Stasiun Tanggung.

20 Stasiun tersebut telah dilakukan pengujian fungsi secara berkala yang didalamnya meliputi pengujian sistem persinyalan elektrik dan mekanik, telekomunikasi serta catu daya sekunder untuk peralatan persinyalan dan telekomunikasi.

Hasil pengujian yang telah dilakukan oleh tim Penguji Fasilitas Operasi KA ini akan disampaikan kepada Direktorat Prasarana Perkeretaapian untuk dilakukan monitoring dan evaluasi serta diproses guna penerbitan sertifikat uji berkala.

HUMAS - BALAI PENGUJIAN PERKERETAAPIAN

--------------------------------------------------------------
Twitter : @BalaiUji_KA
Instagram : @balaipengujianka
Youtube : Balai Pengujian Perkeretaapian
Portal : https://djka.dephub.go.id/site/unitkerja/balai_pengujian_perkeretaapian

Direktorat Jenderal Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
Jl. Pusdiklat Raya, Harapan Mulya, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat

Komentar

Kirim Komentar