UJI COBA KEDUA JALUR KA BANDARA YIA BERJALAN LANCAR

Pembangunan Jalur Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta Internasional Airport sudah hampir rampung. Proyek strategis nasional (PSN) itu kini mulai masuk tahap uji coba kedua.

Uji coba kali ini menggunakan lokomotif dari stasiun kedundang sampai di stasiun Bandara. Pada ujicoba kali ini berjalan lancar dan tidak ditemukan kendala.

“Ini merupakan uji coba kedua pada Jalur KA Bandara YIA. Uji coba yang pertama dilakakukan pada pertengahan bulan Juli 2021. Uji coba pertama dilakukan pada Jalur Hilir. Uji coba ini berjalan dengan lancar” Kata Dheky Martin PPK Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah.

Uji coba ini bertujuan untuk mengetahui bahwa trek sudah siap untuk dilalui Kereta Api.

“uji coba kali ini tujuannya adalah mengetahui bahwa track sudah siap dilalui. Kemudian dari prasarananya seperti rel dan balas sudah bisa dilalui kereta api makannya dilakukan uji coba lokomotif” Kata Dheky

Pada uji coba kali ini, lokomotif berjalan dengan kecepatan maksimal 60 km/jam di sepanjang trek 5 km dari Stasiun kedundang menuju Stasiun Bandara. Hasil dari ujicoba bahwa jalur Kereta sudah siap diopersikan.

“Hasilnya pada jalur hilir sudah oke dan untuk jalur hulu bisa dikatakan sudah layak jalan, cuman masih ada catatan sedikit untuk tambahan balas atau batu bilah agar dapat dilalui lebih mulus lagi.” Kata Dimas Site Manger PT. Asta Perdana

“Progres pembangunan keseluruhan jalur KA ini sudah 97 %, cuman untuk pekerjaan trek tersendiri artinya untuk prasarana rel kereta api ini sudah sekitar 99 % untuk dilalui. Sinyal tadi sudah diuji juga. Sinyal sudah bisa nyala, masuk dan keluarnya sudah sesuai yang diharapkan”. Kata Dimas

Seperti yang diketahui, Jalur Kereta Bandara YIA merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah.

Pembangunan Jalur Kereta ini dikerjakan secara tahun jamak (multiyears) mulai tahun 2019. Panjang dari jalur ini adalah 5,3 km dari Stasiun Kedundang sampai Bandara YIA. Nilai Invesasinya adalah sebesar 1,1 Triliyun

Nantinya jika jalur KA ini sudah beroperasi bisa mempersingkat perjalanan dari bandara menuju Kota Yogyakarta maupun sebaliknya menjadi hanya 45 menit dibanding melewati jalan raya antara 60-90 menit.

Kereta Bandara nantinya akan beroperasi dari Stasiun Yogyakarta ke Bandara YIA atau sebaliknya dengan 3 stasiun pemberhentian yakni Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates dan Stasiun Bandara YIA.

Komentar

Kirim Komentar