Uji Fungsi Jalur Kereta Api Menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

BEKASI (09/06) - Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) telah soft launching  pada 27 Agustus 2021 dan siap untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke Bandara YIA.

Akan tetapi, sebelum dilakukan soft launching , jalur Kereta Api Bandara YIA harus melewati  beberapa tahap pengujian. Salah satunya adalah Uji Fungsi pada Prasarana Perkeretapian.

Uji Fungsi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengujian Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian ini pelaksanaannya menggunakan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Uji Fungsi ini bertujuan untuk membuktikan sarana dapat melaju dengan lancar pada kecepatan yang direncanakan, di prasarana yang telah dibangun. Kegiatan ini dilakukan dari Stasiun Kedundang ke arah Stasiun Bandara YIA sepanjang 5,4 Km. Beberapa  pokok pengujian yang dilakukanpada  jalur Kereta Api Bandara YIA pada Uji Fungsi diantaranya ada Uji Ruang Bebas, Uji Kecepatan, Uji Beban Gandar serta Uji Frekuensi.

Dan Uji Fungsi dapat dinyatakan lulus apabila jalur Kereta Api Bandara YIA telah memenuhi kriteria ketetapan Uji Fungsi,  yaitu telah sesuai antara persyaratan teknis, design dan fungsi prasarana dalam rangka mengkonfirmasi dan mendukung kelaikan operasional. Untuk selanjunya hasil pengujian kan disampaikan kepada Direktorat Prasarana Perkeretaapian untuk dilakukan monitoring dan evaluasi serta diproses guna penerbitan sertifikat Uji Pertama.

HUMAS - BALAI PENGUJIAN PERKERETAAPIAN

--------------------------------------------------------------
Twitter : @BalaiUji_KA
Instagram : @balaipengujianka
Youtube : Balai Pengujian Perkeretaapian
Portal : https://djka.dephub.go.id/site/unitkerja/balai_pengujian_perkeretaapian
Facebook : https://m.facebook.com/Balai-Pengujian-Perkeretaapian-106529751734411/?__nodl&_rdr

Direktorat Jenderal Perkeretaapian
Kementerian Perhubungan
Jl. Pusdiklat Raya, Harapan Mulya, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat

Komentar

Kirim Komentar