PRESS RELEASE PENUTUPAN PERLINTASAN JPL 183 STASIUN RANGKASBITUNG

SIARAN PERS

Nomor : IP.201/1/1/BTP-JKT/2023

 BTP JAKARTA LAKUKAN PENUTUPAN PERLINTASAN SEBIDANG JPL 183 STASIUN RANGKASBITUNG

Jakarta (31/07) – Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta terus berupaya meningkatkan keselamatan perkeretaapian guna mendukung mobilitas masyarakat di daerah aglomerasi. Untuk itu secara konsisten Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta  melakukan arah mitigasi dengan menutup perlintasan sebidang.

Kepala BTP Kelas I Jakarta, Nur Setiawan Sidik menyampaikan bahwa perlu dilakukan penutupan perlintasan sebidang JPL 183 Jalan Ki Maklum/R.T Hadiwinangun secara permanen sebagai upaya peningkatan keselamatan pada perlintasan sebidang sesuai Permenhub Nomor PM 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api Dengan Jalan.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya rekomendasi andalalin Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak untuk menutup perlintasan sebidang JPL 183.

Untuk mendukung pelaksanaan keselamatan perkeretaapian sesuai PM Nomor 94 Tahun 2018, BTP Jakarta bersama pihak terkait melakukan penutupan perlintasan sebidang JPL 183, selain itu ada hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak yang memang merekomendasikan penutupan ini”. Ujar Nur Setiawan.

Penutupan ini juga dilakukan guna untuk mendukung Program pemerintah kabupaten Lebak untuk penataan terminal Kalijaga yang akan terhubung langsung dengan stasiun Rangkasbitung

Penutupan perlintasan sebidang ini merupakan langkah proaktif untuk mengurangi risiko kecelakaan dan memitigasi bahaya yang mungkin terjadi di wilayah perlintasan.

Data statistik menunjukkan bahwa perlintasan sebidang sering kali menjadi titik rawan kecelakaan lalu lintas, dan tindakan ini diambil guna mencegah potensi insiden serupa di masa mendatang.

 

Lebih lanjut Nur Setiawan menjelaskan bahwa untuk mengatasi mobilisasi masyarakat yang terdampak dari adanya penutupan perlintasan sebidang ini, rencana akan dilakukan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang terintegrasi dengan gedung stasiun di sisi barat. Akan dibangun JPO untuk mobilitas masyarakat dan pelaksanaan pekerjaannya mengikuti tahapan kegiatan Peningkatan Stasiun Rangkasbitung.” Jelas Nur Setiawan.

(Humas BTP Kelas I Jakarta)

 

 

*NUR SETIAWAN SIDIK*

Kepala BTP Kelas I Jakarta

Direktorat Jenderal Perkeretaapian,

Kementerian Perhubungan

 

Instagram: btpjakarta

Youtube: btpjakban

Humas BTP Kelas I Jakarta

Direktorat Jenderal Perkeretaapian

Kementerian Perhubungan

Share to:

Berita Terkait: