Progres Peningkatan Jalur Kereta Api Lintas Antara Jember - Kalisat Telah Capai 20 Persen

26-06-2024 / 1181 Views

Surabaya - Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perjalanan kereta api di wilayah Kabupaten Jember dan sekitarnya, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Surabaya melakukan pengerjaan berupa peningkatan jalur kereta api pada lintas antara Stasiun Jember sampai Stasiun Kalisat. Per hari Selasa (25/6) ini, progres pengerjaan peningkatan jalur KA ini mencapai 20% dari keseluruhan proyek.

 

Jalur sepanjang Stasiun Jember hingga Stasiun Kalisat memiliki panjang 17,2 kilometer spoor (km’sp). Pengerjaan peningkatan jalur KA ini sekaligus upgrade pada stasiun-stasiun yang dilewati, yaitu Stasiun Jember, Stasiun Arjasa, Stasiun Kotok, dan Stasiun Kalisat.

 

Dalam pengerjaan ini selain meng-upgrade 4 stasiun, BTP Surabaya juga membangun pos jaga di beberapa Jalur Perlintasan Langsung (JPL). Selain itu, BTP Surabaya berkomitmen pula meningkatkan keselamatan baik perjalanan kereta api, maupun pengendara yang melintas di JPL.

 

Pada minggu ke-4 di bulan Juni 2024 ini, BTP Surabaya sedang menyelesaikan proses penggantian rel dari rel jenis R42 menjadi rel jenis R54 di beberapa titik, salah satunya yang melintasi JPL 153 di Jl Nusa Indah, Patrang, Jember dan JPL 157 di Jl Dr. Soebandi, Patrang, Jember yang mengakibatkan kedua ruas jalan tersebut ditutup sementara waktu. Karena aktivitas ini, BTP Surabaya memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang melintas imbas ditutupnya jalan untuk penggantian besi rel.

 

Dalam beberapa hari ini, BTP Surabaya masih menunggu proses pemadatan tanah untuk kemudian akan diaspal kembali. Selain itu, pada penggantian rel dengan ukuran lebih lebar ini juga akan meningkatkan kenyamanan perjalanan KA karena rel seluruhnya di-las thermit sehingga tidak lagi berguncang ataupun berisik.

 

Dalam pengerjaan peningkatan jalur KA antara Stasiun Jember sampai Kalisat yang dimulai sejak 2023 ini, selain untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan KA, juga untuk meningkatkan kapasitas jalur mengingat jalur KA di Jawa Timur wilayah timur ini belum pernah tersentuh pembangunan yang cukup signifikan. BTP Surabaya meng-upgrade lintas ini dengan standar yang sama dengan jalur-jalur lainnya yang telah dibangun, seperti jalur ganda Surabaya-Jakarta dan jalur di kota-kota besar lainnya. Harapannya, pengerjaan ini dapat berlanjut hingga ke ujung timur Pulau Jawa.

 

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Surabaya (BTP Surabaya) adalah unit kerja di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan yang bertugas melaksanakan peningkatan, pengembangan, pengelolaan, pemeliharaan, pemanfaatan prasarana perkeretaapian dan pengawasan penyelenggaraan sarana, dan keselamatan perkeretaapian.termasuk melaksanakan program pengembangan perkeretaapian di wilayah Jawa Timur dan wilayah Indonesia Bagian Timur lainnya.

 

Rilis pers di atas dapat digunakan seluruhnya atau sebagian dan jika ada pertanyaan dapat menghubungi narahubung: Vecga - 08113321927

6 Comment

Jhone Michale

Nov 09 2021

reply

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

jhon doe

Nov 09 2021

reply

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiustempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veninostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip

Jenifer Hearly

Nov 09 2021

reply

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.