Berita Sebelumnya

KUNKER DIREKTUR SARANA PERKERETAAPIAN KE LRT SUMATERA SELATAN

Berita Selanjutnya

KUNKER DIREKTUR PRASARANA BPTJ KE BALAI PENGELOLA KA RINGAN SUMSEL


Direktorat Jenderal Perkeretaapian mendapatkan Penghargaan Peringkat II Kepatuhan Pelaporan E-Performance Semester I Tahun 2020

E-Performance merupakan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerja unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan. Dalam  aplikasi E-Performance tersebut berisikan tujuan, sasaran dan indikator kinerja berdasarkan Rencana Strategis, Perjanjian Kinerja, alokasi anggaran serta pelaporan progres terkait capaian kinerja.

Untuk pengisian data capaian kinerja ke dalam sistem aplikasi tersebut dilaksanakan setiap bulan paling lambat 10 hari kerja pada bulan berikutnya untuk Unit Kerja Eselon I dan 5 hari kerja pada bulan berikutnya untuk unit kerja Eselon II dan Esleon III Mandiri. Selain capaian kinerja, isian aplikasi                                 E-Performance juga dilengkapi dengan uraian/keterangan capaian, rencana selanjutnya dan upload data dukung .

Sesuai amanah Peraturan Menteri Perhubungan No. 45 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Biro Perencanaan secara rutin menyampaikan laporan pengisian data capaian kinerja kepada Menteri Perhubungan dan tembusan kepada seluruh pimpinan Unit Eselon I, berdasarkan laporan pengisian data capaian tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan dalam rangka ketaatan atas pelaksanaan proses penerapan E-Performance kepada unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Pada Semester I Tahun 2020, Biro Perencanaan melaksanakan pemberian penghargaan terhadap unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan dalam rangka kepatuhan pelaporan capaian kinerja melalui aplikasi E-Performance yang diselenggarakan di Yogyakarta tanggal 27 Agustus 2020. Penghargaan disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan yang diwakili oleh Kepala Bagian Analisa dan Evaluasi. Pada kesempatan tersebut, Direktorat Jenderal Perkeretaapian mendapatkan peringkat II terbaik dalam rangka kepatuhan pelaporan capaian kinerja melalui aplikasi E-Performance tingkat unit kerja Eselon I. Penghargaan diterima oleh Kepala Bagian Perencanaan yang mewakili Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Peringkat pertama diperoleh unit kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dan peringkat ketiga diperoleh unit kerja Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

Dengan adanya pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan/memicu unit kerja lainnya pada kesempatan selanjutnya dalam pengisian capaian kinerja yang lebih lengkap dan tepat waktu pada aplikasi E-performance.

Komentar

Kirim Komentar