Berita Sebelumnya

Workshop Peningkatan SPIP Ditjen KA

Berita Selanjutnya

JAGA INTEGRITAS, BEKERJA DENGAN KERAS, CERDAS DAN IKHLAS, DEMIKIAN PESAN DIRJEN ZULFIKRI PADA ACARA SERTIJAB DI DITJEN PERKERETAAPIAN


PERSIAPAN PERPANJANGAN LINTAS LAYANAN, KA BANDARA BIAS UJI COBA SAMPAI KE KLATEN

SOLO - Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT.KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta melakukan uji coba Perpanjangan Lintas Layanan KA Bandara BIAS yang semula dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan, diperpanjang sampai Stasiun Klaten. Hal ini dalam rangka persiapan pengoperasian perpanjangan lintas layanan KA Bandara BIAS sampai ke Klaten yang direncanakan mulai 1 Maret 2020 dan berbayar. "Dilakukan uji coba selama dua hari ini, setelah itu dievaluasi untuk persiapan pengoperasian yang rencananya akhir bulan Februari 2020 oleh Presiden Jokowi." Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas dan  Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan saat melakukan uji coba KA Bandara BIAS dari Stasiun Klaten ke Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo hari ini Selasa (11/02/2020).

Sejak Akhir Desember 2019 KA Bandara BIAS sudah melakukan uji coba dari stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dengan tarif gratis. Dari data yang ada potensi penumpang cukup bagus. Rencananya mulai Bulan Maret akan dikomersilkan sekaligus diperpanjang lintas layanannya sampai Klaten. "Potensi Klaten sangat bagus untuk Kereta Bandara BIAS ini. Harapan kita masyarakat akan lebih mudah ke bandara," lanjut Danto.

Setelah uji coba yang dilakukan selama dua hari akan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan  semua pihak terkait untuk menentukan pola operasi termasuk tarif yang akan dikenakan pada penumpang. "Untuk saat ini akan dilakukan evaluasi berapa sih tarif yang layak, yang wajar dan tentu natinya akan terjangkau" tegas  Danto.

Senada dengan hal tersebut EVP Daop 6 Yogyakarta, Edi Purwanto mengatakan bahwa uji coba perpanjangan lintas layanan KA Bandara BIAS dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Klaten dilakukan selama dua hari, kemudian dilakukan evaluasi. "Kita akan evaluasi di Klaten, Purwosari, Solo Balapan, karena ada kondisi-kondisi operasional yang kita pastikan dulu." Terkait pola operasi KA Bandara BIAS reguler yang telah ada selama ini tetap, dan relasinya akan diperpanjang sampai Klaten. "Jadi kita akan susun lagi, jadi tripnya kita atur lagi, intinya Klaten akan dilayani" pungkas Eko.

Dalam ujicoba ini jarak Stasiun Klaten-Stasiun KA Bandara Adisoemarmo Solo sepanjang lebih kurang 43 km ditempuh dalam waktu lebih kurang 61 menit dengan berhenti sejenak di Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan dan stasiun Kadipiro. Sedangkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo ditempuh dalam waktu lebih kurang 25 menit. Turut dalam uji coba ini, Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian, Karlo Manik serta Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik (spn).

Humas DJKA

 

Ikuti terus website djka.dephub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami. Instagram : ditjenperkeretaapian Twitter : @perkeretaapian Youtube : Ditjen Perkeretaapian.

Komentar

Kirim Komentar