• Jl.Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat 10110 - Indonesia

Simak, Perawatan P12 Lokomotif CC 300

Grobogan – Dua Lokomotif CC 300 milik pemerintah yang berada di Workshop Ngrombo masuk perawatan P12 yang jatuh pada bulan Juni 2023. Lokomotif tersebut dikelola oleh Balai Perawatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Untuk diketahui, bahwa merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 54 Tahun 2016 tentang Standar Spesifikasi Teknis Identitas Sarana Perkeretaapian, yang dimaksud Lokomotif adalah sarana perkeretaapian yang memiliki penggerak sendiri yang bergerak dan digunakan untuk menarik dan/atau mendorong kereta, gerbong, dan/ atau peralatan khusus.

Sebagai lokomotif yang dirawat Balai Perawatan Perkeretaapian saat ini, Lokomotif CC 300 merupakan produksi PT INKA (Persero) Madiun. Seluruh Lokomotif CC 300 berjumlah lima unit yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, persebaran Lokomotif CC 300 meliputi wilayah Medan Sumatera Utara dengan nomor sarana CC 300 14 01 yang stabling di area Balai Yasa Pulubrayan, wilayah Lampung dengan nomor sarana CC 300 14 02 yang stabling di Depo Lokomotif Tanjung Karang, wilayah DKI Jakarta dengan nomor sarana CC 300 12 03, dan dua ada di Workshop Ngrombo Balai Perawatan Perkeretaapian Grobogan Jawa Tengah, dengan nomor sarana CC 300 12 01 dan CC 300 12 02.

Dalam operasional keseharian, untuk menjaga kehandalan dan performansi sarana perkeretaapian Lokomotif CC 300, Tim Perawatan Sarana Perkeretaapian Balai Perawatan Perkeretaapian telah melaksanakan berbagai kegiatan perawatan lokomotif secara berkala.

Perawatan Lokomotif yang dilakukan meliputi diantaranya, perawatan harian, bulanan, enam bulanan dan dua belas bulanan atau tahunan.

Salah satu perawatan Lokomotif CC 300 yang belum lama ini dilakukan di Workshop Ngrombo adalah perawatan dua belas bulanan, atau yang biasa disebut dengan istilah P12. Tepat di bulan Juni 2023 semua Lokomotif CC 300 milik pemerintah yang dikelola oleh Balai Perawatan perkeretaapian memasuki masa perawatan dua belas bulanan (P12).

Kegiatan perawatan dilakukan secara maraton, dimulai dari Lokomotif CC 300 yang bertempat di Workshop Ngrombo Balai Perawatan Perkeretaapian, kemudian dilanjutkan secara bergiliran untuk Lokomotif CC 300 yang bertempat di Depo Kereta Cipinang, Balai Yasa Pulubrayan, dan Lokomotif CC 300 yang bertempat di Depo Lokomotif Tanjung Karang.

Proses perawatan Lokomotif CC 300 yang bertempat di Workshop Ngrombo Balai Perawatan Perkeretaapian dilakukan selama beberapa hari. Pekerjaan perawatan tersebut dimulai pada hari Senin (12/6/2023).

Perawatan P12 tersebut, dilaksanakan di area luar Gedung Workshop Ngrombo Balai Perawatan Perkeretaapian. Berada di jalur rel kereta kelima, tepat di sisi sebelah timur Gedung Workshop Ngrombo. Pemilihan titik perawatan tersebut mempertimbangkan kemudahan dalam pelaksanaan proses perawatan P12. Tugas perawatan P12 Lokomotif CC 300 tersebut melibatkan Tim Perawatan yang dikelola oleh Balai Perawatan Perkeretaapian.

Tim Perawatan melakukan tugas perawatan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Sehingga kualitas perawatan yang dilakukan benar-benar memperhatikan ketahanan pemakaian sarana perkeretaapian kedepannya.

Untuk diketahui, Lokomotif CC 300 merupakan jenis Lokomotif yang memiliki peran vital pada layanan transportasi publik perkeretaapian. Lokomotif ini memiliki dapur pacu dengan spesifikasi mesin diesel hidrolik. Penggunaan mesin jenis tersebut memberikan kelebihan tersendiri, yang membuat Lokomotif CC 300 memiliki ketahanan ketika diajak melaju diatas jalur rel yang tergenang air.

Seperti ketika intensitas hujan yang tinggi melanda kota Semarang pada awal Tahun 2023. Cuaca tersebut menjadi penyebab banjir yang melanda beberapa titik perlintasan kereta api jalur kereta jarak jauh. Akibatnya lokomotif PT KAI (Persero) yang membawa kereta penumpang dari Jakarta ke arah timur dan sebaliknya terhenti sementara, karena tidak dapat melintasi genangan air pada jalur rel yang terdampak banjir tersebut.

Pada saat itulah, Lokomotif CC 300 diterjunkan untuk mengevakuasi gerbong dan kereta penumpang melintasi genangan banjir di jalur perlintasan kereta api. Sehingga bila dilihat dari perannya, Lokomotif CC 300 dapat dikatakan hadir disaat situasi darurat, agar memperlancar arus trasportasi publik sektor perkeretaapian, dan pada akhirnya demi memberikan layanan dan manfaat kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api.

Melihat peran vital tersebut, maka perawatan Lokomotif CC 300 dilakukan secara serius, sesuai prosedur yang benar.

Selain menjalankan tugas-tugas perawatan, Balai Perawatan Perkereteaapian juga menjalankan peran edukasi kepada siswa SMK yang mengikuti kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Kegiatan P12 pun dimanfaatkan juga untuk mengenalkan metode perawatan lokomotif kepada siswa-siswa PKL, dengan tetap memperhatikan aspek K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Sebagai bagian dari prosedur perawatan sarana perkeretaapian, kegiatan dimulai dari penyiapan alat pendukung perawatan, sparepart dan consumable part yang dibutuhkan. Selain itu mempersiapkan juga alat-alat lain yang digunakan dalam pengukuran dan pemeriksaan sarana perkeretaapian.

Pelaksanaan perawatan dimulai dari pergantian oli, meliputi diantaranya oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli bearing block, dan oli genset. Selain itu perlu dilakukan pergantian filter meliputi filter BBM, filter water separator, filter oli, dan filter coolent.

Dalam perawatan dua belas bulanan, tidak hanya dilakuan P12, tetapi Tim Perawatan juga melakukan kegiatan perawatan harian dan bulanan. Hal tersebut meliputi pemeriksaan seluruh bagian sarana Lokomotif CC 300, mulai dari rangka atas sampai rangka bawah sesuai checksheet perawatan dua belas bulanan (P12).

Sebagai gambaran, pemeriksaan tersebut diantaranya meliputi pemeriksaan lampu semboyan, lampu sorot, tegangan bateray, temperature suhu dalam kabin, pemeriksaan radiator, pemeriksaaan engine dan genset, pencatatan indicator-indikator kabin, kebersihan kabin, pengukuran ketinggian coupler, pengukuran diameter roda, pengukuran profil roda, pemeriksaan fungsi pengereman, pemeriksaaan pegas primer dan skunder, pemeriksaan bogie, pemeriksaan cardan shaft dan traction rod, pelaksanaan uji statis dan uji dinamis, dan lain-lain.

Diakhir kegiatan perawatan P12, setelah seluruh rangkaian perawatan selesai dilaksanakan, seluruh bodi Lokomotif CC 300 akan dicuci untuk mempertahankan kualitas cat dan pelindung laur Lokomotif CC 300. (yogo)

 
Share to:

Berita Terkait:

F