Berita Sebelumnya

SWITCH OVER 3 DI STASIUN MANGGARAI, 3 KA KOMUTER DIBATALKAN

Berita Selanjutnya

PROFESIONALISME TENAGA PENGUJIAN PERKERETAAPIAN MERUPAKAN SEBUAH KEHARUSAN


Uji Kompetensi SDM Perkeretaapian Terhadap 116 Pegawai PT KAI di Semarang

Semarang - Bertempat di hotel radja yang berlokasi di kota Semarang, Jawa Tengah, Balai Pengujian Perkeretaapian mengadaan kegiatan pengujian SDM Perkeretaapian. Jumlah total peserta mencapai 116 orang dengan 4 kompetensi yang berbeda, antara lain uji kompetensi Perawatan Sarana Perkeretaapian, Petugas Juru Langsir, Petugas Pengawas Peron dan Petugas Juru Rumah Sinyal. Hari pertama peserta yang hadir sesuai dengan usulan sertifikasi berjumlah 41 orang, hari selanjutnya 38 orang dan dihari terakhir sejumlah 37 orang peserta. Sesuai SOP pengujian SDM yang berlaku, panitia memulai dengan meminta kepada seluruh peserta untuk memasukan handphone dan buku ke dalam tas masing-masing, lalu memberikan kepada panitia.

Selanjutnya adalah pemberian arahan mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh peserta, pembagian kelompok untuk dilakukan uji teori dan batas waktu mengerjakan. Dalam uji teori, peserta memiliki kesempatan untuk melakukan remedial atau ujian ulang jika nilai yang didapat tidak memenuhi standar. Selain uji teori yang memiliki ambang batas nilai, uji wawancara dan uji praktek pun demikian. Dalam uji wawancara, peserta akan dihadapkan dengan expert atau asesor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Peserta harus mampu menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh penguji dengan lugas dan jelas. 

Untuk uji praktek, peserta juga harus mampu menggambarkan ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan, kondisi-kondisi yang terjadi dilapangan, kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi akibat kesalahan dalam bekerja sebagainya. Yang tak kalah penting juga adalah uji kesehatan, dimana peserta akan di tes urine untuk mengetahui kesehatan peserta. Perlu diketahui juga bahwa peserta tidak boleh menggunakan obat-obatan terlarang, karena otomatis akan di diskualifikasi. Pada sesi penutupan, panitia memberikan arahan, meminta seluruh peserta untuk mengambil kembali tas dan mempersilahkan untuk kembali ke kediamannya.

 

Ikuti terus website djka.dephub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami. Instagram : ditjenperkeretaapian Twitter : @perkeretaapian Youtube : Ditjen Perkeretaapian.

Komentar

Kirim Komentar