• Jl.Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat 10110 - Indonesia

HUMAS DJKA HADIRI FORUM KOMUNIKASI KEHUMASAN SEKTOR TRANSPORTASI TAHUN 2021 DI JAKARTA

HUMAS DJKA HADIRI FORUM KOMUNIKASI KEHUMASAN SEKTOR TRANSPORTASI TAHUN 2021 DI JAKARTA.

 (Jakarta - 05/10). Sebagai salah satu bentuk pembinaan dan peningkatan kualitas SDM Kehumasan, Humas Ditjen Perkeretaapian menghadiri kegiatan Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi 2021 yang diselenggarakan Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub bertajuk "Public Relations Must Be A Hero In Pandemic Era" pada Selasa (05/10). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan luring ini dihadiri oleh pengelola kehumasan di sektor transportasi, baik dari internal Kementerian Perhubungan maupun dari badan usaha operator yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi.

 Dalam keynote speech yang disampaikan di awal acara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya peran humas di sektor transportasi dalam mengelola kegiatan komunikasi publik terkait penanganan pandemi dan dampaknya terhadap sektor ini. "Tema acara ini, public relations must be a hero in pandemic era memiliki makna yang sangat dalam, yaitu bahwa humas sebagai bagian dari insan transportasi harus mampu mengharmonisasikan penyampaian narasi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan jasa transportasi yang selamat, aman, nyaman, sehat dan terjangkau," pesannya.

 Lebih lanjut, Menhub juga mengingatkan salah satu tugas penting humas adalah menyebarkan informasi mengenai kebijakan, pembangunan, dan pelayanan transportasi, membangun optimisme, membangun citra dan reputasi, serta mengharmonisasikan kepentingan institusi dengan stakeholders. "Sesuai arahan Presiden, humas di sektor transportasi perlu membangun optimisme mengenai pelayanan yang diberikan, dan harus mengedepankan penyampaian informasi melalui strategi komunikasi yang menekan kemungkinan terjadinya distorsi," tegas Menhub.

 Dalam acara ini terdapat tiga  sesi dari tiga narasumber. Sesi pertama oleh Juru Bicara Menhub sekaligus Staf Khusus bidang Komunikasi dan SDM, Adita Irawati dengan tema forum dialog "A Challenge: Public Relations Must Be a Hero in Pandemic Era". Materi kedua diberikan oleh Psikolog Oriza Sativa dengan topik "Meningkatkan Ketangguhan Mental Public Relations Sektor Transportasi di Era Pandemi" dan ditutup oleh Ketua Tim Narasi dan Komunikasi Digital Presiden RI, Iwan Setiawan sebagai narasumber terakhir dengan pembahasan "Peran Public Relations Sektor Transportasi Dalam Menjaga Sustainability di  Era Digital"

 Forum ini dihadiri oleh dari 70 (tujuh puluh) orang peserta yang hadir secara luring dan 300 partisipan yang hadir secara virtual. Seluruh peserta forum ini merupakan pengelola komunikasi atau Humas dari unsur regulator di lingkungan Kementerian Perhubungan RI (pada Unit Kerja Eselon I baik kantor pusat maupun Unit Pelaksana Teknis/UPT di daerah); unsur operator sarana dan prasarana transportasi dari BUMN, BUMD, maupun Badan Usaha Swasta; dan mitra kerja Kementerian Perhubungan dari Kementerian/Lembaga, seperti: Kementerian PU-PR, BASARNAS, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan lain-lain.

 Pada akhir sambutannya Menhub menyampaikan apresiasi atas peran humas selama ini yang telah menjadi garda terdepan dalam proses komunikasi kepada masyarakat di tengah pandemi. "Sejalan dengan kampanye kolaboratif insan transportasi melayani negeri, sebarkan informasi kepada masyarakat bahwa kita harus bersahabat dengan Pandemi Covid-19 yang kedepannya akan menjadi Endemi yang mana protokol kesehatan harus tetap dijalankan," tutup Menhub. (HJA/JM/SPN)



 

Share to:

Berita Terkait:

F