Berita Sebelumnya

PEMANTAUAN SITUASI ARUS BALIK ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2019/1440 H DI STASIUN KERTAPATI PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Berita Selanjutnya

WAKIL WALI KOTA PALEMBANG MONITORING LRT ANGKUTAN LEBARAN


SEMANGAT KEJAR TARGET, BTP JAWA BAGIAN TENGAH MULAI MELAKUKAN PENGECORAN TEROWONGAN IJO

SEMARANG (26/06) – Pembangunan Terowongan Ijo merupakan salah satu proyek jalur ganda (double track) Kereta Api Lintas Selatan Jawa dengan panjang 581 meter yang merupakan terowongan jalur ganda terpanjang di Indonesia. Setelah breakthrough berhasil dicapai ditanggal 28 Maret 2019, saat ini Terowongan Ijo sudah mulai masuk kedalam tahap pekerjaan Cor Invert Sisi Timur sepanjang 84 meter dan Sisi Barat 36 meter.

Pekerjaan pengecoran berada di Desa Stasiun Ijo, Gombong, Kebumen. Pengecoran akan dilakukan dalam beberapa tahap atau segmen sampai terselesaikannya pekerjaan. Pengecoran Struktur Invert Sisi Outlet New Ijo Tunnel dibagi menjadi 2 segmen dengan masing-masing segmen 12 m dengan total pengecoran 24 m dan total volume yang di cor sebesar 93 meter kubik. Pengecoran menggunakan concrete pump atau pompa standar untuk mempermudah pekerjaan.

Adapun tahapan-tahapan yang akan dilakukan yakni Cor Invert kemudian Roadbed, Lining dan yang terakhir slabtrack dan saat ini masih dalam tahap pengecoran Invert dan tahap awal pembesian roadbed. Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Jawa Bagian Tengah optimis pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan rencana awal.

Terowongan Ijo merupakan terowongan baru yang dibangun oleh anak bangsa di bawah naungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan menggantikan terowongan lama yg masih berjalur tunggal (single track). Akan tetapi terowongan lama tetap dipertahankan keberadaannya dan dijadikan cagar budaya. Dengan beroperasinya jalur ganda KA lintas selatan jawa segmen Gombong - Kroya dan terowongan ijo yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019, diharapkan akan meningkatkan frekuensi perjalanan KA dan meningkatkan keselamatan perjalanan kereta dengan pengurangan persilangan KA. (btpjateng)

Ikuti terus website djka.dephub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami. Instagram : ditjenperkeretaapian Twitter : @perkeretaapian Youtube : Ditjen Perkeretaapian.

Komentar

Kirim Komentar