• Jl.Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat 10110 - Indonesia

Buletin Railway Maintenance Edisi Khusus Kaleidoskop 2023

Puji syukur Alhamdulillah merupakan untaian kata yang pantas terucap atas capaian buletin Railway Maintenance tahun 2023. 2023 merupakan tahun debut pertama buletin Railway Maintenance dari sisi pengelolaan penerbitan media internal, sehingga masih dapat dikembangkan secara lebih optimal di tahun-tahun mendatang.

Edisi Kaleidoskop 2023 ini sebagai buletin edisi khusus di penghujung tahun 2023. Edisi ini berisi ulasan sepak terjang Balai Perawatan Perkeretaapian (Baperka) melalui artikel-artikel pilihan yang menggambarkan kegiatan dan kinerja Balai Perawatan Perkeretaapian sepanjang tahun 2023.

Balai Perawatan Perkeretaapian memiliki tugas untuk mendukung operasional perjalanan kereta api serta menjamin keselamatan perjalanannya, maka terhadap setiap sarana perkeretaapian harus dilakukan perawatan sesuai jadwal dan periodenya. Mutu hasil perawatan selain ditentukan oleh sumber daya manusia, ketersediaan suku cadang atau komponen, juga akan sangat ditentukan oleh ketersediaan peralatan kerja, alat pemeriksaan, lokasi, kondisi dan fasilitas penunjang.

Kegiatan perawatan (maintenance) tidak dapat dilepaskan dari pekerjaan pemeriksaan komponen-komponen peralatan sarana perkeretaapian. Perawatan adalah kegiatan yang diarahkan pada suatu tujuan guna menjamin kelangsungan fungsional suatu sistem produksi atau peralatan, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan yang dikehendaki.

Pelaksanaan perawatan dianggap berhasil apabila sistem dapat melakukan fungsinya sesuai dengan rencana dan tidak mengalami kerusakan selama sistem tersebut berfungsi, atau tetap berfungsi sebelum jangka waktu yang direncanakan. Hal ini merupakan salah satu tugas Balai Perawatan Perkeretaapian untuk memastikan apakah sarana tersebut SO (Siap Operasi) atau TSO (Tidak Siap Operasi).

Kebijakan dalam menentukan lingkup perawatan sarana perkeretaapian, khususnya kereta api dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu 1) petunjuk atau intstruksi dari pabrikan (manual instructions), 2) Undang-undang atau peraturan dan petunjuk teknis pemerintah, 3) Pengalaman perusahaan kereta api.

Dari ketiga hal diatas, maka dapat ditetapkan jenis perawatan rutin yang diperlukan dan interval waktu perawatan untuk setiap jenis sarana perkeretaapian.

#TemanBaperka, disamping hal perawatan, berbagai kegiatan kelembagaan menjadi sajian yang menarik karena berkaitan dengan penguatan stakeholder, kemudian tata kelola pemerintahan yang telah dijalankan pada organsiasi. Selain itu topik mengenai peningkatan kompetensi SDM di bidang perkeretaapian menjadi pembahasan yang cukup sentral di tahun 2023 dalam mendukung pelaksanaan tugas perawatan.

Akhirnya, kami sebagai tim media Balai Perawatan Perkeretaapian, juga mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan atau kata-kata yang kurang berkenan dihati pembaca.

Lampiran
Buletin Railway Maintenance Edisi Khusus Kaleidoskop 2023
 Download Lampiran
Share to:

Berita Terkait: